Manfaat Berenang Untuk Laki - Laki / Wanita / Bayi / Orang Tua

Sumber Info :


Kata berenang pasti sdh sering kita dengar ditelingga kita , mungkin sejak kecil kita sdh diajak berenang sama orang tua kita ... tapi apakah sobat tahu manfaat yang didapat bila kita rajin berenang, ok langsung aja kita bahas satu persatu manfaat dari berenang :






* Bagi Bayi

Membantu perkembangan motorik bayi
Membantu perkembangan syaraf
Membantu proses pertumbuhan
Meningkatkan sistem imun
Membantu keberanian bayi
Agar tidak mudah terkejut
Agar tidak rewel saat mandi
Membantu adaptasi bayi di tempat lain

* Bagi Wanita

Menjaga tubuh ideal
Menjaga bentuk tubuh setelah hamil
Mengencangkan otot-otot
Mengencangkan g-spot
Detoksifikasi racun di dalam tubuh
Menghilangkan stres

* Wanita Hamil

Meningkatkan daya tahan tubuh
Tidur lebih nyenyak
Menghindari stres
Mencegah prematur
Membantu proses persalinan
Melonggarkan otot-otot sekitar pinggul
Memperkuat paru paru
Memperkuat jantung




* Bagi Orang Tua

Menjaga tulang agar tetap sehat
Menjaga agar tidak pikun
Mencegah stroke
Menjaga fungsi jantung dan paru paru
Membuat tubuh rileks
Mencegah kematian mendadak
Agar tidak mudah terserang penyakit

* Untuk pemulihan penyakit

Renang efektif juga diterapkan untuk stroke ringan
Efektif untuk cidera ringan
Efektif melatih jantung lemah
Efektif melatih paru paru agar lebih kuat
Membantu memperkuat pernafasan

Dan manfaat berenang bagi wanita secara terperinci berdasarkan sumber :




Cegah osteoporosis.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa perempuan lebih rentan terhadap risiko osteoporosis daripada pria. Bucknell University Athletic Department, Amerika Serikat mengatakan, untuk mencegah osteoporosis pada wanita, sangat dianjurkan untuk berolahraga renang, karena olahraga tersebut dapat membantu menguatkan sendi tubuh sehingga mencegah tulang menjadi lemah, rapuh dan terhindar dari osteoporosis. 

Kurangi risiko kanker payudara.

Olahraga yang dilakukan wanita saat usia muda, dapat mengurangi risiko terjadinya kanker payudara. Penelitian dari Cancer Research Center in Seattle, Amerika Serikat pada tahun 2003 menyebutkan, wanita yang berolahraga renang secara teratur lima kali dalam seminggu, dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 20 persen. Selain itu, renang juga dianjurkan bagi wanita yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara, dan mereka atau yang sedang melakukan terapi pergantian hormon.

Turunkan berat badan.

Olahraga renang juga lebih efektif membantu wanita menurunkan berat badan. Berenang selama satu jam membuat semua otot tubuh bekerja dengan baik, serta bisa membakar lebih dari 500 kalori tubuh.

Menurunkan risiko diabetes.

Kabar baik bagi wanita yang mengalami permasalahan kontrol gula darah dan menderita diabetes tipe 2. Penelitian dari University Maryland, Amerika Serikat, pada tahun 2012 mengatakah aktivitas olahraga seperti renang, membantu wanita mengontrol gula darah, serta terhindar diabetes tipe 2. 

Mencegah depresi dan stres.

Wanita yang penuh dengan aktivitas padat di setiap harinya tentunya memiliki kemungkinan risiko terkena stres. Tidak ada salahnya mencoba rekomendasi dari The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat yang mengatakan olahraga di dalam air seperti berenang, dapat menurunkan tingkat kecemasan, menurunkan depresi dan meningkatkan mood. 

Menguatkan rahim ibu hamil

Bagi ibu hamil, olahraga renang dapat mencegah terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh seperti kaki, serta meningkatkan bentuk, dan kekuatan otot-otot rahim, dan panggul lebih kuat, sehingga proses persalinan berjalan lancar.

TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG DI WARUNGBOCAH7.BLOGSPOT.CO.ID

2 comments:

-->