Kebiasaan Buruk Yang Jadi Sumber Penyebaran Kuman Penyakit Yang Tidak Kita Sadari


Sumber Info

Merdeka.com - Manusia adalah makhluk yang memiliki beragam jenis kebiasaan yang mereka lakukan mulai dari bangun tidur hingga akan pergi tidur. Tanpa disadari beberapa kebiasaan ini berefek buruk untuk kesehatan tubuh seperti kebiasaan yang ternyata mempercepat penyebaran kuman. Apa saja kebiasaan tersebut?


Dilansir dari medicaldaily.com, berikut adalah daftarnya.

  • Menggigiti kuku
Beberapa orang memiliki kebiasaan buruk yaitu menggigiti kuku ketika mereka sedang stres, bosan, atau merasa khawatir. Kebiasaan ini sendiri mampu memindahkan kuman ke mulut dan membuatmu tak sengaja menelannya. Apalagi jika kamu menggigiti kuku hingga menimbulkan lecet dan luka.

  • Tidak mencuci tangan setelah buang air
Terkadang setelah buang air baik buang air besar atau buang air kecil, manusia lupa untuk mencuci tangan. Padahal ada beragam bakteri seperti salmonella, E.coli, atau norovirus yang tersembunyi di balik kuku setelah kamu buang air.

  • Menggunakan sebagai tisu
Entah itu untuk mengelap atau menutup mulut ketika bersin, banyak orang yang menggunakan tangannya sebagai tisu. Kebiasaan inilah yang kemudian mempercepat penyebaran kuman apalagi jika kamu tidak segera mencuci tanganmu setelah bersin.

  • Membuka bungkus sesuatu dengan gigi
Saat tidak sabaran, biasanya kamu sering menggunakan gigimu untuk membuka bungkus makanan atau hal yang lain. Dan kamu pun tidak menyadari bahwa kebiasaan ini bisa menyebarkan kuman baik dari bungkus makanan atau dari dalam mulutmu sendiri.

  • Mengunyah bolpen
Selain menggigiti kuku, orang juga sering mengunyah bolpen. Padahal di dalam bolpen terdapat beragam kuman yang bisa menyebabkan beragam penyakit tubuh.

Well, kamu sendiri masih sering melakukan kebiasaan di atas? Jika ya, sebaiknya hentikan demi kesehatan tubuhmu sendiri.

Semoga bermanfaat salam warungbocah7.blogspot.co.id

TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG DI WARUNGBOCAH7.BLOGSPOT.CO.ID

0 komentar:

-->