Persiapan pasien CT Scan Abdomen Kontras dengan kontras Oral






Untuk mendapatkan gambaran GI Track yang baik, maka pasien di anjurkan untuk melakukan puasa sebelum pemeriksaan (biasanya diet makan) untuk kasus semisal CT Scan colon.

Untuk pemeriksaan ct scan abdomen dibutuhkan adanya pembeda (kontras) pada gambaran organ pencernaan dengan gambaran organ yang lainnya.

Adapun untuk pemeriksaan radiology ct scan abdomen sebagian besar radiology memberikan rekomendasi untuk meminum kontras oral sebagai berikut :

Untuk kasus ct scan abdomen atas dibutuhkan persiapan sebagai berikut :

Minimum botol air mineral sedang (650 ml kontras dibagi 3  bagian/gelas (@ 200-250 ml), dengan diminum tiga tahap :

– Gelas Pertama     : diminum 30 menit sebelum pemeriksaan
– Gelas kedua         : diminum 15 menit sebelum pemeriksaan
– Gelas ketiga         : diminum 5 menit sebelum pemeriksaan

Untuk ct scan abdomen pada kasus abdomen bawah / perlvis dibutuhkan persiapan sebagai berikut :
Air mineral ± 1000 ml  kontras dibagi 4  bagian/gelas masing masing 250 cc/gelas diminum 4 tahap : Gelas Pertama     : diminum 1 jam sebelum pemeriksaan,s kemudian tahap yang kedua, tiga, dan empat diminum setiap 15 menit berikutnya.

Namun pada kenyataan dilapangan dijumpai juga jika kasus abdomen pelvis, radiolog menambahkan dari bawah (anus) ± 300 cc, dengan foley catheter.

Untuk kasus batu persiapan oral kontras tetap dilakukan namun tidak menggunakan media kontras, cukup air mineral saja, karena jika ditambahkan media kontras positif dikhawatirkan akan mengganggu gambaran batu pada saluran kencing (ureter) atau boleh dibilang superposisi antara kontras poTERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG DI WARUNGBOCAH7.BLOGSPOT.CO.IDsitif dengan batu sehingga gambaran batu tidak akan terlihat.

0 komentar:

-->